Disdukcapil Surabaya dan RS Bhakti Rahayu Bersinergi untuk Kemudahan Pengurusan Dokumen Kependudukan

Surabaya, 4 Maret 2024 – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Surabaya resmikan kerjasama strategis dengan Rumah Sakit Bhakti Rahayu dalam upaya meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan kependudukan. Melalui kerjasama ini, RS Bhakti Rahayu akan memfasilitasi penerbitan akta kelahiran beserta Kartu Keluarga (KK) tambah jiwa baru bagi pasien yang melahirkan di rumah sakit tersebut tanpa dipungut biaya.

Kerjasama ini merupakan langkah progresif dalam memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat bagi masyarakat. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan proses pengurusan dokumen kependudukan, khususnya bagi pasien yang baru saja melahirkan, dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif.

Kemudahan dalam pengurusan dokumen kependudukan menjadi fokus utama pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik. Di Mata masyarakat, Proses administrasi seringkali digambarkan dengan kelambanan dan ketidakefisienan. Oleh karena itu, pemerintah kota Surabaya terus berupaya untuk menyederhanakan prosedur dan menjadikan pelayanan lebih ramah pengguna.

Dalam konteks kerjasama ini, RS Bhakti Rahayu berkomitmen untuk menjadi mitra yang kuat bagi pemerintah dalam memastikan bahwa layanan kesehatan dan kependudukan yang berkualitas tinggi dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Melalui fasilitasi penerbitan akta kelahiran dan Kartu Keluarga bagi pasien yang melahirkan di rumah sakit, RS Bhakti Rahayu berupaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan berdaya guna bagi masyarakat.

Kerjasama antara Disdukcapil Surabaya dan RS Bhakti Rahayu ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi institusi lain dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan publik. Dengan sinergi antara sektor publik dan swasta, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses berbagai layanan yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Kontributor oleh Muhammad Risalah Naufal