Pengalaman Magang Seperti Paralon

Hallo gais aku Kresna Wahyu Pratama dari UPN Veteran Jawa Timur prodi Ilmu Komunikasi. Disini aku di divisi Branding Development di bagian Social Media Specialist. Pada saat itu aku kebingungan mencari mitra yang berada di Surabaya dan linear dengan jurusanku. Ternyata ada Disdukcapil yang membuka lowongan magang pada bagian Social Media Development, akhirnya aku mencoba untuk menaruh cv dan berkasku dan berharap diterima disini. Setelah menunggu sedikit lama, aku diinterview oleh bapak Anton, mas Habib, mas Farrez, dan Mbak Intan, diberikan pertanyaan seputar Social Media Specialist. Pada tanggal 7 Februari di malam hari aku menerima notif jika aku diterima di Disdukcapil Kota Surabaya, senang banget seh waktu itu, keterima magang yang nggak jauh dari rumah.

Hari pertama magang tuh bener-bener kaya masih canggung banget sama teman-teman yang sekarang. Pada hari itu juga, pembagian jobdesk dimulai, aku berkesempatan untuk memegang desain instagram feeds Swargaloka, dan juga memegang program Sitkom. Di hari itu juga aku langsung mengerjakan desain feeds pertamaku di Instagram Swargaloka. Pada Social Media Specialist aku tidak sendirian sih, ada gaby, Rizka, Mba zi, dan Keket yang selalu membantu untuk membuatkan content plan. Pada saat bekerja juga aku berpedoman pada content plan yang mereka buat, jadi aku disini membuat konsep desain yang menyesuaikan tema yang akan dibahas, dibuat dengan desain yang menarik sehingga warga tertarik untuk melihat, dan nyaman pada saat membaca. 

Pada saat membuat program yang aku pegang yaitu podcast, itu merupakan tantangan tersendiri. Karena mulai dari mencari tema, membuat naskah, memilih talent, reading talent, dan pada saat produksi juga aku sendiri yang mengatur, tapi temen-temen Swargaloka nih baik-baik loh, mau membantu aku pas waktu produksi konten Sitkom, mulai dari mempersiapkan alat, mau jadi talent, jadi kameramen, keren sih meskipun bukan jobdesknya tapi tetap mau bantu teman yang lain. Setelah produksi konten Sitkom, aku sendiri yang melakukan editing pada video tersebut, sebenarnya sih bisa minta tolong ke mas-mas senior untuk editing video, tapi inisiatif ku sendiri untuk editing sendiri, jadi sekalian  ngembangin skill sih sebenernya. 

Saat magang di Swargaloka tuh, aku jadi tahu gitu bagaimana cara mengurus dokumen administrasi kependudukan, bagaimana caranya mengurusnya, serta inovasi yang diluncurkan Disdukcapil Kota Surabaya tuh keren banget karena untuk memudahkan masyarakatnya dalam mengurus kebutuhan adminduk. Terus aku juga seneng sih, karena mengoptimalisasi konten tentang adminduk yang dikemas dengan desain menarik serta Swargaloka juga mempunyai banyak konten untuk dinikmati. Disini juga melatih skill untuk public speaking, ngobrol dengan orang penting, seru banget sih.

Di Swargaloka tuh seru banget, lingkungan kerja yang nyaman sih menurutku. Jadi ngelakuin pekerjaan itu juga nyaman banget disini. Mulai dari mentor yang mengerti kebutuhan menteenya, yaitu pak Anton yang selalu membelikan kami makan, ngajak ke tempat sana-sini buat liputan, walaupun itu pekerjaan, tapi rasanya kayak main gitu deh. Karena kerjanya santai tapi harus tepat waktu pada saat membuat konten dan sebagainya. Pak Anton itu mentor yang santai, tapi kamu nih yang mau magang disini, harus pinter manajemen waktu, karena ketepatan waktu pada saat mengumpulkan konten itu yang penting. Terus mas mbak senior yang juga mendukung aku sebagai mahasiswa magang disini, dibantu banyak hal, mulai dari mencari topik pembahasan, menghubungkan mahasiswa dengan kepala bidang terkait untuk konfirmasi, seru sih mbak mas ini, jangan lupakan kami yang di batch 4 (empat) ya, pak, mbak, mas.

Sekali lagi, magang di Swargaloka tuh enak banget, lingkungannya nyaman soalnya. Terus peralatan untuk mendukung pembuatan konten itu juga lengkap banget sih. Jadi makin tambah nyaman disini, sayang sekali tidak bisa lanjut batch berikutnya karena aku belum mengambil mata kuliah wajib. Nih kalau kalian magang disini dijamin betah, sering diajak makan keluar setelah liputan tuh enak banget haha sebenarnya tapi kasihan pak Anton tekor mulu, tapi aku senang hehehe maaf ya pak. 

Magang disini tuh banyak manfaatnya sih, mulai dari skill yang meningkat nih kayak aku yang sebelumnya yang nggak bisa copywriting sekarang bisa nulis naskah dan mengatur program yang aku pegang. Terus mengoptimalkan konten yang dibagikan ke masyarakat, dengan banyak konten yang menarik, sehingga aku magang disini juga kayak pengabdian ke masyarakat gitu hehehe karena konten yang aku berikan juga dibutuhkan masyarakat untuk mencari informasi.

Terima kasih kepada pak Anton, Mbak Intan, Mas Habib, Mas Farrez dan tentunya teman-temanku yang selama 5 (lima) bulan ini membantu aku buat berkembang disini. Banyak sekali momen disini yang membuatku menjadi betah, tapi memang setiap pertemuan pasti ada paralon. Keren mantap semangat semuanya see you on off in out joss gandhi. 

Kontributor oleh Kresna Wahyu Pratama