Lindungi Anak, Surabaya Hebat, Indonesia Maju

“Mana Se ma ngat mu? Ini Se ma ngat ku! Mana, mana, mana? Ini, Ini, Ini!” 

Gemuruh suara tersebut saat Ayah e arek-arek Suroboyo, Eri Cahyadi meneriakkan yel-yel kobaran semangat di depan peserta Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 tahun 2023 di Balai Pemuda Kota Surabaya, Senin (31/07/23). Gemuruh ini disambut riuh oleh arek-arek Suroboyo dengan meriah.

Kemeriahan acara ini sebagai bentuk wujud syukur menyambut prestasi kota Surabaya menjadi peringkat tertinggi Kota Layak Anak (KLA) tahun 2023, acara HAN-39 2023 dimeriahkan dengan mengadopsi tema “Anak Terlindungi, Surabaya Hebat, Indonesia Maju” selaras dengan tema nasional. Acara dihadiri oleh Wali Kota Surabaya beserta Bunda Paud Surabaya, Ketua KPAI, Kepala Perwakilan UNICEF Jawa Bali, Jajaran DPRD Kota Surabaya, beserta pejabat lainnya.

Hari Anak Nasional (HAN) semestinya tidak hanya dirayakan pada tanggal 23 Juli saja, karena Ayah Eri beranggapan hari anak dirayakan setiap hari di Surabaya. Arek-arek Suroboyo dihimbau untuk menjadi arek pemberani, berjiwa pemimpin, dan tetap berbakti kepada orang tua dan guru. 

“Hari anak nasional tidak hanya diperingati setiap 23 Juli, Surabaya setiap hari memperingati hari anak. Arek suroboyo harus berani menjadi pemimpin dan melawan kekerasan baik seksual dan fisik” tegas Eri. 

Ayah Eri bersama Bunda Paud Rini Indriyani memberi tantangan berupa kuis kepada arek-arek Suroboyo dan memberikan hadiah berupa 9 sepeda apabila berhasil menjawab tantangan tersebut. Tak ayal, semangat para peserta terpancing berkompetisi menjawab kuis yang berisikan pengetahuan seputar pahlawan Suroboyo. 

Selain itu, acara turut dimeriahkan dengan penampilan baik paduan suara, tari, orchestra, dan atraksi wushu oleh perkumpulan arek-arek Suroboyo tingkat SD dan SMP. Pada tingkat TK, terdapat lomba tari dari masing-masing perwakilan sekolah tiap kelurahan. 

Harapan kedepan untuk mempersiapkan arek-arek Suroboyo untuk menjadi pemimpin masa depan disampaikan oleh Bunda Rini, 

“Untuk anak-anakku, arek-arek Suroboyo jangan berhenti bermimpi. Tetap semangat dan terus bermimpi karena kesuksesan itu berawal dari mimpi. Ditunggu keberhasilan kalian” pungkas Bunda Paud andalan Surabaya ini. 

Dialog bersama Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Ai Maryati Solihah, M.Si

Kepala KPAI, Ai Maryati Solihah turut memberikan apresiasi dan pesan untuk arek-arek Suroboyo, “Saya sangat mengapresiasi acaranya karena sungguh menjadi milik anak Surabaya. Jadi, disini saya melihat keterlibatan anak istimewa menjadi satu hal yang sangat patut diapresiasi. KPAI melihat ini momentum yang harus selalu ditingkatkan sesuai dengan kata Ayahanda Surabaya bahwa setiap hari adalah hari anak. Sesuai dengan visi kebangsaan anak anak surabaya bisa mempersiapkan diri untuk menjadi Generasi Emas 2045” pangkasnya.