Kisah Pengalaman Magang Gabriel Jocom di Swargaloka

Selama 4 bulan magang di Disdukcapil kota Surabaya khususnya di Swargaloka, divisi Branding Development, posisi Social Media Specialist tentu menjadi suatu kebanggaan untuk saya dapat diterima sebagai salah satu peserta magang. Tentu banyak suka, duka, canda, tawa, serta banyak pengalaman berharga, ilmu baru, dan momen penting yang saya dapatkan selama di Swargaloka. Saya bisa bertemu dengan mentor dan kakak-kakak yang dapat membimbing saya, bertemu dengan teman-teman yang menjadi rekan kerja divisi saya selama magang, serta bertemu dengan orang-orang baru lainnya dari divisi-divisi lain maupun dari lembaga lain. Tentu bertemu dengan mereka merupakan pengalaman baru karena saya dapat belajar bagaimana menjalin relasi, bekerjasama, sera berinteraksi dengan baik. Selain itu, dari mereka juga saya dapat belajar dan berbagi ilmu bersama.

Pengalaman lain yang saya dapatkan yaitu saya diberi kepercayaan untuk memegang salah satu media sosial dari Swargaloka yaitu TikTok sehingga saya dapat belajar banyak bagaimana mengelola konten TikTok mulai dari membuat timeline konten, perencanaan konsep konten, membuat script konten, take konten, mengedit konten, membuat caption untuk konten, hingga ke tahapan upload konten. Skill editing saya yang sebelumnya masih kurang, semenjak magang di Swargaloka akhirnya semakin bertambah dan tentu jam terbang dalam mengedit juga semakin meningkat. Sebelumnya saya merasa kurang mampu untuk menghandle media sosial TikTok sendirian, namun lama-lama saya sudah mulai terbiasa dan dapat menyesuaikan waktu sehingga pengelolaan konten dapat berjalan dengan baik.

Selain itu pengalaman lain yang saya dapatkan, ketika saya diberi kepercayaan sebagai person in charge (PIC) dari salah satu program TV baru yaitu MaTa Swargaloka (Mau Tanya Swargaloka). Saya belajar bagaimana menjadi seorang produser mulai dari menyusun konsep, mencari pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan menjadi bahan pembahasan dalam program acara, membuat script, sebagai camera person juga saat produksi, menjadi time keeper saat produksi, menjadi tim kreatif saat produksi, dan ikut serta dalam membantu mengatur serta mengemas alat-alat yang dibutuhkan. Awalnya terasa susah untuk membagi waktu antara sebagai PIC Mata Swargaloka dan sekaligus juga sebagai PIC TikTok, namun seiring berjalannya waktu dan banyak pelajaran serta evaluasi yang saya dapat akhirnya saya bisa membagi waktu dengan baik. Kemudian pengalaman lain yang saya dapatkan yaitu selama magang di Swargaloka, saya diberi kepercayaan lain untuk menjadi talent TikTok, menjadi host dalam beberapa program TV yaitu Rabi Pindo dan Podcast Sedep, menjadi talent dalam pembuatan video greeting lebaran dan last project, VO narasi untuk beberapa video lainnya, sebagai petugas aktivasi IKD serta petugas survey padat karya. Berbagai hal tersebut tidak bisa saya dapatkan selama saya di dalam dunia perkuliahan, sehingga saya merasa bersyukur bisa belajar banyak hal secara langsung dan terjun ke lapangan. Selama magang tidak hanya mengasa kemampuan hard skill saya, namun karakter saya, time management saya, segala sifat saya juga dibentuk selama berada di Swargaloka karena mental dan jam terbang saya juga diasa selama magang.

Tentu berbagai pengalaman berharga yang saya dapatkan tidak terlepas dari bantuan-bantuan orang-orang disekitar saya. Untuk mentor saya kepada bapak Anton, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak atas kebaikan bapak sebagai mentor yang peduli, sabar, tegas, dan baik hati terhadap saya serta teman-teman branding sehingga saya bukan hanya belajar terkait materi namun juga mengasa karakter selama magang. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada kakak-kakak yang telah membagikan ilmunya selama magang sehingga saya bisa belajar banyak hal baru. Terakhir saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada teman-teman divisi branding saya yang telah bekerjasama dengan baik selama saya magang. Saya sadar bahwa saya masih memiliki banyak kekurangan, sehingga saya mohon maaf apabila selama magang terdapat perkataan maupun sikap saya yang menyakiti hati kalian. Semua kenangan indah selama magang di Swargaloka tentu tidak akan pernah bisa saya lupakan, dan suatu saat segala pelajaran yang telah saya dapat selama magang akan berguna bagi saya dikemudian hari. Tetap semangat dan sukses selalu kepada pak Anton, kakak-kakak, teman-teman semua! Ketika saya sukses nantinya, itu semua karena ada campur tangan kalian dibalik kesuksesan saya. See you when i see you, and see you on top guys! I LOVE YOU ALL!

With love, Gabriel Ferina Jocom (Gaby)

UPN “Veteran” Jatim – Ilmu Komunikasi Surabaya