Dukcapil Buka Layanan Aktivasi IKD Pada SGE 2023

Jalan jalan ke Rumah Intan, 

rumahnya ada di kota Bengkulu,

Jangan pernah balikan dengan mantan 

Karena dia tak seindah dulu~ 

Cuap cuap Walikota Surabaya Eri Cahyadi pada pembukaan pameran Surabaya Great Expo (SGE) pada Rabu, 16 Agustus 2023 lalu di Exhibition Grand City Mall Surabaya. Pantun disambut riuh oleh para penonton pameran diiringi oleh tawa. 

Penonton semakin dimanjakan dengan adanya sambutan pembukaan oleh komunitas rekan-rekan disabilitas baik berupa tarian maupun fashion show. Puluhan anak disabilitas tampil percaya diri uji bakat dan kemampuan mereka di atas panggung, hal ini diapresiasi oleh para tamu khususnya Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan istrinya Rini Indriyani Eri Cahyadi. 

Pameran Surabaya Great Expo (SGE) tahun ini menonjolkan hasil produk para organisasi Perangkat Daerah, Padat Karya, Karya Anak Disabilitas, serta upaya Pemerintah dalam rangka penurunan stunting, dan para produk UMKM Surabaya baik fashion maupun kuliner.   

Khususnya Disdukcapil Surabaya pun membuka layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi warga seluruh Indonesia secara gratis, jika beruntung pun akan mendapatkan souvenir khusus dari Dukcapil. 

Layanan aktivasi IKD disediakan untuk menjangkau pasar lebih luas serta meningkatkan rasa ingin tahu warga melalui pameran. Istilahnya, pada istilah marketing, strategi ini dapat disebut dengan “soft-selling” dengan tujuan meningkatkan kepedulian dan pengetahuan masyarakat terhadap dokumen adminduk. 

Interview dengan Warga KTP non-Surabaya

Hal ini diakui oleh salah satu pengunjung SGE yang telah melakukan aktivasi IKD, 

“Aktivasinya cuman 5 menit aja, sebenarnya saya dari Sidoarjo ya dan ternyata bisa melakukan aktivasi. Jadi saya yang warga luar Surabaya merasa terbantu ya” pungkas warga Sidoarjo bernama Nia. 

Dengan adanya aktivasi IKD pada acara SGE 2023 ini juga memberikan kesempatan bagi warga luar Surabaya untuk melakukan aktivasi tanpa harus kembali ke wilayah asal KTP-nya.