Program Lontong Kupang Dukcapil Surabaya Kembali Hadir Tahun Ini, Catat Tanggalnya

Surabaya  – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Surabaya siap menghadirkan pelayanan administrasi kependudukan “Lontong Kupang”. Program ini merupakan bagian dari Pelayanan Online Terpadu One Gate System yang mengintegrasikan pelayanan antara Disdukcapil Surabaya, Pengadilan Agama, dan Kementrian Agama Surabaya.

Lontong Kupang adalah sebuah inovasi layanan terintegrasi yang mewujudkan kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya, Pengadilan Agama Surabaya Kelas I A, dan Kementrian Agama Surabaya. Melalui layanan ini, pemohon dapat mengurus proses pernikahannya dengan lebih efisien dan terpadu.

Salah satu layanan yang ada pada Lontong Kupang adalah Isbat Nikah, sebuah inovasi berupa sidang yang dapat dilaksanakan di tempat. Pemohon yang mendaftar layanan Lontong Kupang secara online melalui aplikasi dapat mengurus peradilan terkait pernikahannya yang belum dilaporkan secara negara ke Kantor Urusan Agama (KUA) dan Disdukcapil.

Selain itu, acara Lontong Kupang juga akan menawarkan pengalaman yang istimewa bagi pesertanya. Segala hal teknis seperti dekorasi, pakaian pengantin, katering makanan, tata rias (MUA), serta seluruh fasilitas kebutuhan pernikahan akan disponsori sepenuhnya oleh para vendor yang bermitra dengan Pemerintah Kota Surabaya. Ini berarti peserta Lontong Kupang dapat menikmati pernikahan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Ini adalah upaya Pemerintah Kota Surabaya dalam mendukung masyarakat dalam merayakan momen bahagia tanpa harus terbebani oleh biaya yang besar. Pada tahun lalu, tercatat sebanyak 378 vendor pernikahan berpartisipasi dalam Lontong Kupang. Harapannya, tahun ini akan semakin banyak peserta yang bergabung dalam program tahunan ini. 

Untuk prosesnya sangat mudah, pemohon hanya perlu membawa beberapa dokumen penting seperti kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran, dan penetapan Pengadilan Negeri. Dengan adanya inovasi ini, satu rangkaian proses administrasi dapat dipersingkat dan dipercepat dalam satu hari saja.

Informasi penting terkait Lontong Kupang dan Nikah Baru yang akan segera dilaksanakan:

  • Waktu dan Lokasi:
    • Tanggal: 8 Juni 2024
    • Lokasi: Gedung Siola dan Balai Kota Surabaya
  • Pendaftaran:
    • Tanggal Pendaftaran Terakhir: 1 Mei 2024
    • Pendaftaran Lontong Kupang bisa dilakukan di Kelurahan sesuai domisili