Disini Bukan Tempat untuk Berkuliah atau pun Belajar, Tetapi Bekerja

Surabaya – Demikian sambutan yang digaungkan oleh Kepala Program MSIB Kemendikbud RI, Wachyu Hari Haji di depan 650 mahasiswa di Kantor Pemerintah Kota Surabaya Ruang Sawunggaling Lantai 6 pada 30 Agustus 2023, serta 780 mahasiswa yang turut bergabung melalui zoom meeting

Pesan tersebut menjadi pembuka Wachyu untuk mengingatkan para mahasiswa MSIB batch 5 di 5 (lima) UPTD Kota Surabaya agar beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan sebagai bekal mereka ketika sudah lulus kuliah kelak. 

Perlu diketahui bahwa, mahasiswa yang mengikuti program MSIB di UPTD Surabaya disaring dari berbagai penjuru Indonesia, seperti Aceh, Medan, Jakarta, Yogyakarta, Jawa, Nusa Tenggara Timur, hingga Papua. Jarak tidak menjadi soal bagi mereka untuk merasakan pengalaman magang di instansi Pemerintahan, utamanya dalam hal pelayanan masyarakat. 

Disdukcapil Surabaya sendiri menyaring 398 mahasiswa dari berbagai kampus seluruh Indonesia yang terbagi dalam 5 divisi, diantaranya adalah Kalimasada, Branding Development, Legal Officer, CRM, dan Archivarist. Selaras dengan ucapan pak Wachyu, mahasiswa akan dilatih untuk bekerja secara profesional dalam hal melakukan pelayanan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan. 

Selain Kepala Program MSIB, turut hadir pula Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Dr. Ikhsan, S.Psi., MM. Beliau menyampaikan bahwa pelayanan pemerintahan Kota Surabaya, saat ini diupayakan secara daring untuk memudahkan masyarakat. Melalui MSIB Batch 5, diharapkan peserta MSIB dapat menerapkan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Kota Surabaya.