Disdukcapil Surabaya Ikut Ramaikan Hakordia 2022

Kota Surabaya menjadi salah satu tuan rumah dalam acara Road to Hakordia (Hari Anti Korupsi sedunia) 2022. Dengan mengusung tema “Indonesia Pulih Bersatu Melawan Korupsi” terdapat 4 kegiatan acara di dalamnya yaitu area Pameran, area film, area seminar, area pameran foto. Acara yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Pahlawan tersebut, berlangsung pada tanggal 1-2 Desember 2022 tepatnya di gedung Balai Pemuda.  Cak Eri Cahyadi sebagai walikota Surabaya menyambut 6 perwakilan gubernur dari (Kalimantan, Jogja, Jawa Tengah, Jawa Timur). Berbagai Dinas dan Instansi Pemerintah Kota dan ratusan pelajar ikut berpartisipasi di dalamnya.

Salah satu instansi yang berpartisipasi dalam Hakordia 2022 ialah Disdukcapil kota Surabaya. Disdukcapil membuka layanan aktivasi KTP Digital untuk seluruh warga yang hadir dalam acara road to Hakordia tersebut. Warga yang hadir begitu antusias mengikuti pelayanan tersebut, mengingat prosesnya hanya memerlukan waktu kurang lebih lima menit saja. Seperti ungkapan kesan salah satu Dewan Perwakilan Rakyat yang berkunjung ke tenant Disdukcapil “Simple, sederhana dan juga tadi di awal saya sampaikan hanya butuh 5 menit tapi kalau saya kalkulasi sekitar 6 menit, tapi masih oke lah. Jadi cepat, sederhana dan sangat membantu” ujar Alfian.

Jika ada warga surabaya yang terkena Yustisi (segala sesuatu yang berkaitan dengan peradilan atau kehakiman) maka KTP Digital sudah dapat berperan di dalamnya sebagaimana penjelasan dari Kasatpol PP kota Surabaya Eddy Christijanto “oh bisa, jadi KTP Digital ini bisa kita gunakan sebagai yustisi, nanti akan kita lihat di handphone nya itu kalo mereka dia penduduk kota Surabaya langsung bisa kita scan” jelas Eddy.  Direktur Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Pol Bahtiar Ujang Purnama berharap bahwa Kota Surabaya bisa menjadi mercusuar yang dapat menyerukan gerakan antikorupsi hingga ke daerah-daerah yang ada di wilayah Jatim. Selain itu agar Surabaya juga bisa menjadi pioner gerakan desa anti korupsi pada peringatan Hakordia Tahun 2022.