Disdukcapil Surabaya Bincang Siang Bersama JTV

Senin, 12 September 2022 Disdukcapil Surabaya mendapat kunjungan dari stasiun televisi JTV untuk acara Bincang Siang. Untuk membahas program inovasi pelayanan yang telah dilakukan oleh Disdukcapil Surabaya yakni KALIMASADA atau Kawasan Lingkungan Sadar Adminduk) yang merupakan sebuah terobosan  baru terkait dengan pelayanan yang lebih dibutuhkan masyarakat yaitu tingkat RT dan juga sudah bisa dilakukan di 154 kelurahan di Surabaya untuk menyelesaikan dokumen adminduk. 

Pemahaman mengenai inovasi pelayanan ini, masih menjadi perubahan tersendiri bagi Disdukcapil, mengingat masih banyak masyarakat yang memilih datang ke Kantor Disdukcapil untuk melakukan pengurusan dokumen. Salah satunya untuk pengurusan pelayanan KIA (Kartu Identitas Anak) untuk anak berusia 0 sampai sebelum 17 tahun. Cara untuk mendaftar KIA sangat mudah bisa melalui sekolah dan aplikasi KNG.

Disdukcapil memberi solusi kepada masyarakat melalui secara online namun tidak semua warga paham mengenai gadget. Warga bisa mengakses permohonan secara online melalui aplikasi Klampid New Generation dan sudah tersedia di playstore sebanyak 149 jenis permohonan adminduk yang ada.

Tugas/PR untuk dispendukcapil bagaimana untuk masyarakat menjadi sadar dokumen itu harus selalu di update karena suatu ketika membutuhkan tidak terlalu mendadak untuk mengurusnya. Disdukcapil memberi inovasi baru melalui SWARGALOKA (Suara Warga Mengelola Administrasi Kependudukan) untuk informasi seputar adminduk agar masyarakat lebih mengetahui Disdukcapil