Sangat Mudah! Kini Warga bisa Mendapatkan Produk DISPENDUKCAPIL Pengadilan Negeri secara Bersamaan

program-lontong-balap

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) kota Surabaya melakukan kerjasama dengan Pengadilan Negeri Surabaya untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (ADMINDUK) yang membutuhkan produk (dokumen) dari Pengadilan Negeri. Sebelum melakukan kerjasama, pengurusan hanya bisa dilakukan di kantor Pengadilan Negeri Surabaya yang berlokasi di Jalan Arjuno. Dengan adanya kerjasama ini, sidang bisa dilakukan di luar kantor Pengadilan Negeri dengan melakukan keliling ke kecamatan-kecamatan, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan (ADMINDUK). Kepala DISPENDUKCAPIL Surabaya Agus Imam Sonhaji, ST., M.MT  menyampaikan bahwa saat ini warga hanya perlu ke kelurahan untuk menyerahkan permohonan, kemudian proses akan disiapkan oleh Pengadilan Negeri. Jika berkas Persyaratan sudah sesuai, maka akan disidangkan berdasarkan urutan keliling. “Kerjasama ini dilakukan untuk beberapa layanan ADMINDUK yang membutuhkan produk Pengadilan Negeri. Setelah dilakukan sidang, proses langsung selesai, Jadi Produk dari Pengadilan Negeri dapat  dan dari DISPENDUKCAPIL juga dapat” tambahnya.

 

Senin (27/09/2021), tim Swargaloka melakukan kunjungan ke Kecamatan Tandes untuk melihat proses sidang Pengadilan Negeri dalam pelayanan administrasi kependudukan. Menurut salah satu pemohon, yaitu Muhammad Sigit menyampaikan bahwa proses sidang yang dilakukan sangat mudah dan cepat. “Yang saya bayangkan tadinya begitu lama dan rumit, ternyata tidak. Mudah sekali dan sebentar sekali. Sangat luar biasa” jelasnya. Selain itu, Dr. Johanis Hehamony, SH,.MH selaku hakim yang bertugas menyampaikan bahwa DISPENDUKCAPIL telah memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat atas kerjasama dengan Pengadilan Negeri Surabaya.

sidang pengadilan-negeri-lontong-balap

Dengan adanya kerjasama ini, proses yang dilakukan sudah lebih cepat, lebih mudah, dan tentunya lebih hemat. Sehingga diharapkan masyarakat Surabaya tidak perlu ragu lagi untuk melakukan pengurusan adminsitrasi kependudukan, khususnya pengurusan yang membutuhkan produk Pengadilan Negeri.

Cek juga berita selengkapnya terkait Kolaborasi  Pengadilan Negeri dengan Dispendukcapil Surabaya di Kecamatan Tandes di link Youtube Channel  Swargaloka.sub