Disdukcapil dengan RSUD Dr. Soetomo Jalin Kerjasama

Surabaya, 17 Mei 2024 – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan kependudukan. Kerjasama ini memungkinkan RSUD Dr. Soetomo untuk membantu pasien yang melahirkan di rumah sakit tersebut dalam mendapatkan akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) baru, serta bila ada pasien yang meninggal di RSUD Dr. Soetomo akan mendapatkan akta kematian dan KK baru tanpa biaya.

Dalam kerjasama ini, RSUD Dr. Soetomo berkomitmen untuk menjadi mitra yang bisa berkolaborasi dengan baik dengan pemerintah dalam memastikan bahwa layanan kesehatan dan kependudukan yang berkualitas dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Dengan membantu penerbitan akta kelahiran dan KK bagi pasien yang melahirkan, serta akta kematian dan KK baru bagi pasien yang meninggal. RSUD Dr. Soetomo berupaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan berdaya guna bagi masyarakat.

Muhammad Irvan, selaku tim legal dari RSUD Dr. Soetomo, berharap dengan adanya program ini dapat memudahkan rumah sakit dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan dapat mendukung keadministrasian kependudukan. “Kami berharap aplikasi ini memudahkan urusan kami dalam memberikan (layanan) kesehatan kepada masyarakat untuk mendukung keadministrasian di dalam kependudukan,” ujar Irvan, 

Adapun beberapa manfaat yang didapat dari kerjasama yang telah terjalin ini yaitu:

  • Pasien yang melahirkan di RSUD Dr. Soetomo dapat langsung mendapatkan akta kelahiran dan KK baru tanpa biaya.
  • Keluarga dari pasien yang meninggal mendapatkan akta kematian serta KK baru tanpa biaya.
  • Proses pengurusan dokumen kependudukan menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Masyarakat dapat mengakses layanan kependudukan dengan lebih mudah.
  • Meningkatkan kualitas layanan publik di Kota Surabaya.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan kependudukan dan memberikan manfaat bagi pasien di RSUD Dr. Soetomo. Kerjasama ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi institusi lain dalam meningkatkan kualitas layanan publik.

Kontributor oleh Muhammad Risalah Naufal