Instagram Swargaloka Disdukcapil Surabaya Diretas Tuk Modus Penipuan

Surabaya – Pada Rabu (28/02/2024) tepat pukul 09.12 wib, akun instagram @swargaloka.sub milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Surabaya diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Melalui laman posting, peretas mengunggah foto seolah-olah menawarkan pembelian iPhone 15 dengan harga Rp 9 jutaan. Tertulis dalam caption bahwa 3 orang tercepat akan mendapatkan hadiah iPhone 15 secara COD setelah melakukan transfer ke rekening yang tertera. Oknum juga memberikan nomor telepon 085696035134 sebagai contact person

Modus penipuan seperti ini menjadi modus cukup baru di media sosial. Mulanya, oknum mengirimkan pesan atas nama pihak Instagram menawarkan verifikasi akun centang biru (verified) dengan alasan jumlah pengikut yang sudah cukup memadai dengan persyaratan harus mengisi formulir dalam situs yang diberikan. 

“Kami memancing pelaku seolah-olah kita berminat dengan meminta nomor rekeningnya, plus nama. Dari situ, kita mendapatkan data yang bersangkutan meskipun bisa jadi itu data fiktif ya” jelas Antonius, Ketua Tim Kerja Bagian Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan. 

Pihak Dukcapil pun telah berupaya untuk menghubungi pelaku, juga bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kota Surabaya untuk memulihkan akun. 

Hingga hari ini (29/02/2024) akun instagram swargaloka belum berhasil dipulihkan, sehingga diiimbau kepada masyarakat untuk mengabaikan segala jenis penawaran dan informasi yang tidak ada kaitannya dengan administrasi kependudukan dalam akun @swargaloka.sub hingga ada pemberitahuan resmi dari akun instagram utama Disdukcapil @dispendukcapil.sby