Disdukcapil Surabaya Kembali Meriahkan Apel Pelepasan Peserta MSIB Batch 6

Surabaya – Hari ini (26/12/2024) Pemerintah Kota Surabaya menggelar Apel Pelepasan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 6 bagi seluruh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang memiliki semangat dalam menggali potensi, dengan langsung terjun ke dunia kerja nyata. Program ini dilaksanakan mulai 16 Februari hingga 30 Juni 2024. 

Apel dibuka oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya, Eddy Christijanto, beserta segenap camat/lurah, akademisi perwakilan Perguruan Tinggi, dan jajaran pemkot di gedung balai kota Surabaya. 

Pemkot Surabaya telah berpartisipasi dalam program MSIB sebanyak 4 kali dengan diwali Disdukcapil sebagai mitra satu satunya. Namun, batch 6 ini lebih menarik karena terdapat 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut berpartisipasi menjadi mitra. 

Mahasiswa MSIB batch 6 berasal dari 159 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia. Di Surabaya tersebar ke 20 perguruan tinggi, dan 139 PT luar Surabaya. 

Eddy Christijanto memberikan sambutan kepada seluruh mahasiswa dengan menyampaikan tugas utama peserta magang adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan pemerintahan kota Surabaya dan menjalankan inovasi Pemerintah Kota Surabaya, berdampingan dengan ilmu pengetahuan serta hard skill dan soft skill yang dibutuhkan oleh mahasiswa, dan diharapkan akan siap menghadapi dunia kerja nyata.

Mahasiswa MSIB batch 6 akan melaksanakan tugas di sektor pelayanan publik seperti Kelurahan/Kecamatan, Puskesmas, dan kantor OPD untuk belajar dan mendukung peningkatan kualitas pelayanan kepada kota Surabaya dan mendukung pelaksanaan kampung Madani. 

Sambutan dilanjutkan oleh Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Ikhsan dengan memberikan arahan serta motivasi pelepasan pada peserta MSIB. Dalam sambutannya, beliau turut menyapa dan mengobrol dengan para mahasiswa. Harapannya, kota Surabaya yang akrab disebut sebagai kota Pahlawan ini mencerminkan Bhineka Tunggal Ika akan diimplementasikan oleh para mahasiswa MSIB yang datang dari berbagai kota seluruh Indonesia dapat menjaga persatuan. 

kontributor oleh Artha Mulia Sihotang