Buat KTP Digital, Praktis dan Tidak Pakai Lama

Surabaya – Identitas Kependudukan Digital (IKD) menjadi topik yang diangkat pada program Ruang Publik pada Senin (22/02/2024) di TV 9 Nusantara lalu dengan mengusung tema ‘Buat KTP Digital, Gak Pakai Lama’ yang dibawakan oleh moderator Ely Susanti dengan mengundang narasumber Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya Eddy Christijanto untuk menjelaskan manfaat IKD dan Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya Imam Syafi’i menilai dari perspektif hukum dan kebijakan. 

Eddy Christijanto menyampaikan bahwa IKD memiliki banyak manfaatnya selain fungsi utamanya sebagai identitas diri, juga pemakaiannya yang praktis cukup dengan mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore atau appstore dan melakukan aktivasi akun ke petugas Disdukcapil untuk verifikasi data. 

Imam Syafi’i menambahkan bahwa adanya IKD ini merupakan kebijakan yang bagus dalam menyambut transformasi digital, masyarakat perlu memiliki IKD sebagai pengganti KTP-el fisik yang masih ada kemungkinan rusak atau hilang. 

“Dengan adanya IKD ini masyarakat tidak perlu mengurus surat keterangan kehilangan ke kepolisian apabila telah memiliki KTP digital (IKD)” ujarnya. 

Manfaat lainnya, di tahun pemilu 2024 ini, IKD dapat dimanfaatkan untuk memenuhi hak suara pada 14 Februari di TPS masing-masing. Sesuai dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 66 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum. 

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu resah apabila berhalangan membawa KTP-el fisik dikarenakan hilang atau rusak, karena IKD dapat dimanfaatkan secara seksama dan berlaku di seluruh Indonesia. 

Di akhir talk show, Eddy Christijanto menghimbau warga Surabaya untuk segera melakukan aktivasi IKD di tempat pelayanan seperti kelurahan, kecamatan, Mal Pelayanan Publik (MPP) Siola, atau saat terdapat layanan jebol anduk di ruang publik tertentu sesuai jadwal. 

Jadwal layanan jebol anduk dapat dilihat pada instagram resmi @dispendukcapil.sby dan @swargaloka.sub