Target Capaian IKD Pemerintah di Tahun 2024

Surabaya – Identitas Kependudukan Digital (IKD) menjadi target capaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Surabaya di tahun 2024. Target tersebut telah diupayakan sejak tahun 2023 melalui pelayanan di tempat layanan adminduk, dan program jemput bola layanan adminduk (jebol anduk). 

Capaian target juga dipertegas oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diten Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri RI melalui Dirjen Dukcapil RI, Dr. Teguh Setyabudi dalam Rapat Koordinasi Nasional Dukcapil se-Indonesia pada Oktober 2023 di Kota Palembang lalu. 

Masyarakat dihimbau untuk segera melakukan aktivasi IKD apabila telah memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut: 

  1. Sudah melakukan perekaman e-KTP atau memiliki e-KTP
  2. Memiliki email aktif
  3. Memiliki gawai baik android/IOS

Manfaat dari memiliki IKD selain menyimpan identitas pribadi seperti KTP dan KK digital juga dapat ditunjukkan pada saat pemilu 2024 sebagai identitas diri. Selain itu, Pemerintah di tahun 2024 berupaya memaksimalkan kerja sama dengan seluruh perbankan di Indonesia secara bertahap untuk pemanfaatan IKD sebagai persyaratan. 

Dengan demikian, IKD tidak hanya terbatas sebagai aplikasi penyedia KTP dan KK digital saja namun akan terus dikembangkan sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat atau birokrasi. 

Bagi warga Surabaya, aktivasi IKD tidak hanya dapat dilakukan di Mal Pelayanan Publik Siola tetapi juga dapat dilakukan di kantor Kelurahan atau Kecamatan setempat, atau di layanan Jebol Anduk kami sesuai dengan jadwal yang diinformasikan melalui akun instagram @dispendukcapil.sby dan @swargaloka.sub 

Tunggu apalagi? Segera aktivasi IKD di tempat terdekat ya.