Motor Kuno, Mobile Jeep Willys, Anoa hingga Mobil Pemadam Kebakaran Memeriahkan Parade Surabaya Juang 2023

Surabaya – Parade Surabaya Juang kembali hadir di Surabaya pada Minggu (5/11/2023) sore. untuk memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2023. Antusias masyarakat terlihat dari banyaknya warga yang berdiri di pagar besi yang mengelilingi sepanjang jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Walikota Mustajab. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin keriuhan parade tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya, uniknya tahun ini menggunakan motor kuno Royal Enfield bersama sang istri, Rini Indriyani. Iring-iringan motor kuno diikuti dengan komunitas mobil Jeep Willys yang ditumpangi para veteran, sepeda tua, hingga mobil Anoa angkatan laut, darat, udara. Tidak hanya kendaraan kuno, parade juga dimeriahkan dengan aksi marching band, gerak jalan dari paskibraka, revolusi Jihad, proklamasi polisi, hingga rumah pergerakan 1908-1945.

Parade dimulai dengan pidato oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, yang berperan sebagai tokoh Gubernur Suryo. Setelah pidato selesai, aksi teatrikal disambut dengan suara dentuman meriam yang menandakan atraksi pertempuran 10 November 1945. Perang 10 November menceritakan peristiwa Ultimatum Inggris hingga penyerahan Bendera Merah Putih, puluhan orang mengenakan baju pejuang dan seragam khas kolonial untuk mendalami peran tersebut.

Dengan berakhirnya teatrikal perang 10 November, laskar putri menutupi jasad arek-arek Suroboyo yang telah gugur di tengah pertempuran. Setelah pertempuran, seluruh Parade Surabaya Juang memberi hormat kepada bendera merah putih yang berkibar di atas Hotel Majapahit di Jalan Tunjungan.

Parade Surabaya Juang diakhiri dengan iring-iringan mobil pemadam kebakaran dan petugas kebersihan yang juga menjadi salah satu pahlawan kita yang sigap saat ada masyarakat yang membutuhkan.