Dialog Seputar Adminduk bersama Anggota DPRD Kota Surabaya Terkait Peran penting Pemuda-Pemudi dalam GISA

Kali ini Swargaloka kedatangan Mochamad Machmud, S,Sos, M.Si selaku Anggota DPRD Kota Surabaya (Komisi A Fraksi Demokrat- Nasdem) pada hari selasa (1/11/2022). Adanya kedatangan Machmud ini memiliki tujuan untuk melaksanakan podcast dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dengan mengusung tema “Peran penting Pemuda-Pemudi dalam Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA)”.

Menurut Machmud, dengan melihat perkembangan-perkembangan sikap pemuda Indonesia sampai hari ini memang harus lebih ditingkatkan lagi, baik itu terkait bermasyarakat serta rasa cinta pancasilanya. Lebih lagi di zaman sekarang ini jumlah pemuda sangat banyak, sehingga mereka bisa mengambil informasi tersebut untuk diimplementasikan pada sikap, pengetahuan, dan pola pikirnya. 

Teknologi saat ini sangat mempengaruhi kepedulian para pemuda terhadap bersosial. Dimulai dari menyosialisasikan dan membantu masyarakat untuk lebih sadar Adminduk. Misalnya melalui lembaga-lembaga yang ada di masyarakat seperti Karang Taruna. Dan sekarang ini Pemerintah Kota Surabaya juga sudah menekankan untuk mengadakan pelayanan malam di Balai RW secara serentak dan bergiliran. Sehingga itu menjadi kesempatan untuk para pemuda untuk mendapatkan informasi tentang Adminduk dan memnyebarkan informasi tersebut kepada masyarakat luas khususnya masyarakat Surabaya.  

Lebih lagi, saat ini Disdukcapil Kota Surabaya sudah jauh lebih maju dengan program-program aplikasi dan juga inovasinya yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus kebutuhan Adminduk. Hal ini membuat para masyarakat agar tidak perlu datang jauh-jauh ke Kelurahan, Kecamatan, dan Disdukcapil. Machmud juga mengajak warga untuk mari bersama-sama kita bangkitkan pemuda-pemudi peduli terhadap urusan kependudukan, jangan sampai tidak mengerti informasi seputar Adminduk, terlebih sekarang ini kita hidup di Era Industri 4.0 yang dimana pemanfaatan teknologi sangat berkontribusi di segala aspek termasuk pelayanan publik. Harapannya untuk para pemuda Indonesia bisa lebih berperan dan juga memahami serta membantu masyarakat agar lebih Sadar Adminduk.