UMKM Surabaya Terus Menggeliat

eri-cahyadi-meresmikan-pembukaan-surabaya-great-expo-2022

Hal itu dicetuskan oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat pembukaan Surabaya Great Expo 2022 pada hari Rabu (24/08/22), bertempat di Convention Hall Grand City Surabaya.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 11 tahun yang lalu, tetapi sempat berhenti karena pandemi Covid 19” jelas Eri dalam sambutannya.

“Tapi hari ini, dengan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, maka Great Expo 2022 bisa kita buka kembali”, imbuh Eri.

Dalam ajang Surabaya Great Expo 2022 ini, ditampilkan semua produk-produk UMKM berskala nasional, baik dari Surabaya maupun dari luar Surabaya. Produk-produk UMKM ini tidak kalah dengan produk-produk non UMKM. Bahkan di kesempatan kali ini, Eri memakai produk UMKM Surabaya, mulai pakaian hingga sepatu yang dikenakan.

Diharapkan UMKM akan terus menggeliat dan menjadi sangat luar biasa. Perekonomian di Indonesia bergerak 90% nya itu karena pergerakan dari UMKM.

“Kota Surabaya tahun 2021 dari kontraksi minus 4 (-4), perkembangan ekonominya menjadi 4 koma sekian persen itu dari pergerakan UMKM” terang Eri. Dengan dibukanya Surabaya Great Expo ini, maka bisa dilihat produk-produk UMKM yang ada di Kota Surabaya yang mengikuti Surabaya Great Expo ini.

Terkait dengan hal tersebut, Dispendukcapil Surabaya pun tidak tinggal diam, dengan memberikan support berupa alat pembayaran berbasis Kartu Identitas Anak (KatePay) dan menerjunkan mahasiswa magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka Adminduk (MBKMA) untuk memberikan pengarahan terkait ekonomi kecil dan menengah kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos dalam sambutannya menyampaikan bahwa Surabaya Great Expo 2022 ini tetap menjadi rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 77, di mana kegiatan ini sudah dilaksanakan sebanyak 11 kali. Dan tentunya karena masih dalam suasana pandemi, maka kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (arw)