Pemeriksaan Biometrik Liponsos Keputih Kembali Diadakan Secara Rutin

 

Surabaya – Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lingkungan Pondok Sosial yang biasa disebut Liponsos merupakan tempat rehabilitasi dan pemberdayaan bagi orang-orang dengan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Tempat ini ditujukan kepada orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), gelandangan, anak jalanan, dan lansia terlantar. 

Pada tanggal 21 Oktober 2024, Mal Pelayanan Publik Siola kedatangan teman-teman dari  Liponsos Keputih Surabaya untuk melakukan pemeriksaan biometrik dan perekaman KTP-el bagi warga binaan Liponsos yang baru.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 30 warga binaan Liponsos dari barak C, D, E. Sulis, Pendamping teman-teman Liponsos, menjelaskan pengelompokan teman-teman liponsos berdasarkan masing-masing barak. Barak D merupakan kelompok lansia atau PMKS Gelandangan dan Pengemis laki-laki. Barak E untuk PMKS dari perempuan. Barak C khusus untuk  teman-teman ODGJ perempuan.

Sulis juga menjelaskan tujuan diadakannya pemeriksaan biometrik bagi teman-teman Liponsos Surabaya. “Selama ini kan ada yang titipan keluarga juga, untuk pengobatan jiwanya. Jadi biar enak di cover dengan Liponsos Keputih sendiri,” jelas Sulis.

Kegiatan pemeriksaan biometrik ini bertujuan untuk verifikasi identitas yang akan disesuaikan dengan KTP individu. Bagi teman-teman Liponsos yang belum diketahui identitasnya akan diarahkan untuk melakukan perekaman KTP-el. 

Dengan adanya pemeriksaan biometrik ini, dapat membantu untuk mengetahui asal daerah tiap individu. Sehingga, bagi teman-teman Liponsos yang berasal dari luar Kota Surabaya akan dipulangkan ke daerah asalnya.

Sulis juga memberikan harapannya, agar Disdukcapil Surabaya tetap bisa melakukan agenda pemeriksaan biometrik dan perekaman KTP-el kepada teman-teman Liponsos secara berkelanjutan.