Dibalik Layar Program MATA Swargaloka di Dispendukcapil Kota Surabaya Swargaloka

Merdeka Belajar merupakan kebijakan yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek). Salah satu bagian dari kebijakan Merdeka Belajar adalah Kampus Merdeka, yang biasa disebut sebagai Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Kampus Merdeka mendorong mahasiswa untuk lebih mengasah kemampuan maupun keilmuannya sesuai dengan bakat serta minat masing-masing guna memasuki dunia kerja dan persiapan karir di masa depan (Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, 2022). 

Aditya dalam penyematan tanda peserta Apel Pembukaan MSIB 6 Pemerintah Kota Surabaya oleh Sekretaris Daerah Kota Surabaya

Aditya Ari Aldiansyah, mahasiswa semester 6 program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), sebagai mahasiswa magang MSIB Batch 6 Broadcasting crew telah menjadi sosok dibalik layar Mata Swargaloka bersama dengan timnya di Branding Development Swargaloka.

Mata Swargaloka, atau dikenal dengan “Mau Tanya Swargaloka” adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Dispendukcapil Kota Surabaya. Program ini dirancang untuk menjawab keluhan dan pertanyaan masyarakat terkait administrasi kependudukan. Dengan menggunakan platform YouTube, program ini bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas, akurat, dan mudah diakses mengenai berbagai layanan yang disediakan oleh Dispendukcapil.

Sebagai Penanggung Jawab Program sekaligus Produser dan Director Mata Swargaloka, Aditya Ari Aldiansyah bercerita, ia memiliki tugas untuk riset dan mendata pertanyaan-pertanyaan masyarakat yang dikirim melalui DM atau kolom komentar di instagram @dispendukcapil.sby dan instagram @swargaloka.sby untuk dikumpulkan. Pertanyaan lain juga diambil dari instagram @takondukcapil yang akan direkap dan dipilih dari top pertanyaan yang paling sering ditanyakan masyarakat dalam seminggu terakhir.

Lalu dari pertanyaan yang telah didata tersebut akan diolah lagi menjadi skrip kemudian akan dikonsultasikan serta koordinasi kepada narasumber terpercaya dari staf dispendukcapil kota surabaya yang bertugas untuk menjawab pertanyaan pada konten tersebut. Aditya dibantu oleh timnya di branding development yang bertugas sebagai Host, 2 camera person, 1 editor, 2 lighting dan juga 1 operator pada proses produksi konten. Proses produksi dilakukan di dalam studio swargaloka dengan rentang durasi 10-15 menit setiap konten.

Mata Swargaloka tayang setiap minggunya di Youtube Swargaloka Surabaya

Program Mata Swargaloka Tayang setiap minggunya di Youtube Swargaloka Surabaya. hal ini juga untuk peningkatan Kualitas Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dalam bidang visual media agar masyarakat dapat mengakses Informasi seputar administrasi kependudukan dengan Mudah dan juga edukasi masyarakat terkait administrasi kependudukan dari narasumber yang terpercaya.