Program Jebol Anduk, Gencarkan Kemudahan dalam Mengurus Adminduk bagi Lansia

Surabaya – Dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) menjadi hal yang penting dimiliki oleh seluruh warga di Indonesia, salah satunya KTP-EL. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Surabaya menggencarkan program Jebol Anduk, untuk memudahkan setiap warga yang tidak memiliki KTP-el terutama bagi lansia.

Program Jebol Anduk yang dilakukan di beberapa kelurahan, salah satunya Gunung Anyar pada Senin, 11 September 2023 ini merupakan bentuk bantuan yang dilakukan oleh Disdukcapil untuk membantu para warga Kota Surabaya untuk melakukan perekaman KTP-EL kepada warga lansia atau pun warga yang kesusahan untuk melakukan perekaman secara langsung. 

Setiap warga yang tidak melakukan perekaman KTP-EL, data mereka tidak akan tercatat dan masuk sebagai warga Surabaya. Tidak adanya data, dapat membuat Pemerintah Kota Surabaya mengalami kendala untuk memberikan intervensi kepada setiap warga yang kurang mampu. Sehingga mereka tidak akan mendapat Bantuan Sosial ataupun kesusahan untuk membuat BPJS Kesehatan.

Dengan diadakannya program Jebol Anduk ini, diharapkan dapat meratakan setiap warga di Kota Surabaya untuk mendapatkan dan melakukan perekaman KTP-el terutama bagi lansia yang tidak memiliki KTP serta kesusahan untuk melakukan perekaman di kantor kelurahan.

(kontributor oleh Atha Aurynnia)