Jelang Peringatan Hari Ibu, Disdukcapil Hadirkan Kembali Lontong Kupang 2022

lontong-kupang-2022

Disdukcapil Kota Surabaya rasanya tidak pernah surut untuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik yang  mudah, cepat, santun dan sepenuh hati dengan mencetuskan berbagai inovasi layanan. Kamis (15/12/22) berlokasi di Balai Pemuda Kota Surabaya telah berlangsung pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu bernama Lontong Kupang. Pelaksanaan Lontong Kupang diadakan bersamaan dengan peringatan Hari Ibu pada 22 Desember yang akan datang. Lontong Kupang merupakan sebuah inovasi integrasi layanan antara Disdukcapil, Pengadilan Agama dan Kementrian Agama yang melayani permohonan isbat nikah dan asal usul anak. 

Pelaksanaan Lontong Kupang hari ini diikuti oleh total 50 pasangan dari berbagai usia.  Pasangan tertua di pelaksanaan sidang kali ini berasal dari Kelurahan Sidodadi, yakni pasangan bernama Seneman (59) dan Jumaiyah (39). Pelaksanaan sidang isbat nikah lontong kupang kali ini tidak hanya dihadiri pasangan, saksi dan wali tetapi juga diramaikan dengan kehadiran stand stand produk UMKM. Antusias dan semangat pasangan yang mengikuti kegiatan ini sangat tinggi, sejak pagi mereka telah berkumpul di Balai Pemuda untuk melakukan persiapan mulai dari makeup hingga memakai pakaian Cak dan Ning Surabaya. 

Salah satu pasangan bernama Noval (22) dan Shinta (21) mengaku mengetahui informasi mengenai pelayanan lontong kupang dari Kelurahan ketika akan mengurus surat nikah. Dari pihak kelurahan langsung diarahkan dan dijadwalkan pada sidang lontong kupang yang berlangsung hari ini. Dirinya mengaku dengan adanya layanan ini sangat terbantu karena tanpa dipungut biaya dan langsung bisa mendapatkan dokumen cetak berupa surat nikah. “Sangat terbantu dan senang, dapat free makeup dan dapat pinjaman baju, selain itu nanti juga bisa surat nikahnya langsung diberikan oleh pak wali”.