BERGERAK UNTUK REFORMASI BIROKRASI BERDAMPAK

Presiden Joko Widodo memberi arahan terkait reformasi birokrasi yang berdampak pada masyarakat dengan tujuan mempercepat manfaat program pembangunan agar dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Kemudian adanya reformasi birokrasi ini mempercepat penyelesaian permasalahan utama di masyarakat.

Pada masa ini tidak hanya digitalisasi administrasi pemerintah yang perlu mendapat perhatian lebih, inovasi pelayanan publik juga harus diperhatikan dan juga perlu dikembangkan oleh masing-masing OPD, dengan harapan mampu memberikan kecepatan dan kemudahan pelayanan publik bagi masyarakat.

Fokus Reformasi Birokrasi ini pada pengentasan kemiskinan, memudahkan investasi, akselerasi Digitalisasi pemerintahan agar terciptanya birokrasi tangkas dan pelayanan publik yang prima berbasis struktur digital, budaya digital, dan pembensasi digital.Tematik prioritas Presiden dengan merespon juga mengawal hal-hal yang mendesak menurut presiden sehingga dapat meminimalisir risiko yang berdampak serius pada masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 30 Tahun 2018 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah daerah, BUMN, Zidan BUMD Tahun 2018, maka Pemprov Jatim mengadakan KOVABLIK JATIM 2022 pada Rabu (7/12/2022) untuk menyerahkan penghargaan bagi 32 Bupati, Walikota dan Kepala OPD, dengan kategori 30 umum, satu replikasi dan satu khusus.