Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan di Kota Surabaya

Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November merupakan momen penting untuk  mengingat pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, sehingga Kota Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Hari Pahlawan diperingati untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah berjuang dan berkorban demi mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Momen ini juga dapat menjadi sarana untuk membangun kesadaran perjuangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Tiap tahunnya Surabaya selalu menyambut Hari Peringatan Pahlawan dengan serangkaian kegiatan menarik seperti Parade Juang, Tabur Bunga dan melakukan perawatan di beberapa Taman Makam Pahlawan. Dalam memperingati Hari Pahlawan, Walikota Eri Cahyadi memimpin upacara yang dilaksanakan di Balai Kota Surabaya, diikuti oleh puluhan orang dari Forkopimda dan Pemkot Surabaya, warga Surabaya juga bisa turut mengikuti upacara tersebut.

Selain itu, Disdukcapil, Perangkat Daerah lain, Kecamatan, dan Kelurahan di Surabaya juga ikut turut memeriahkan Hari Pahlawan ini  dengan mengenakan pakaian bertema Pahlawan dan memutar lagu-lagu Nasional selama 2 hari belakangan ini.