Parade Juang Surabaya 2022

parade-juang-surabaya

Setelah sempat vakum selama 2 tahun, akhirnya Parade Juang kembali digelar di Surabaya. Event tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari Pahlawan ini diselenggarakan hari Minggu (06/11/22), mulai start jam 07.00 pagi dari Tugu Pahlawan Surabaya. Dimulai dengan aksi teatrikal yang dilanjutkan dengan parade menuju garis finish di Balai Kota Surabaya, parade juang kali ini penuh kehebohan.

parade-juang-surabaya

Di beberapa titik dilakukan aksi oleh beberapa peserta parade. Misal saat rombongan parade melewati gedung Siola, dilakukan aksi teatrikal yang menggambarkan saat terjadinya peperangan 10 November oleh arek-arek Suroboyo. Dentuman petasan dan kembang api seolah menyiratkan suasana perang saat itu. Tim Swargaloka Sub yang meliput langsung di sekitar Siola, bahkan sempat khawatir drone yang mereka terbangkan akan terkena ledakan kembang api.

Antusiasme warga yang menonton pun terbilang luar biasa. Beberapa kali petugas mengingatkan agar warga yang menonton langsung tidak masuk ke area parade. Sebelum rombongan parade lewat, ditampilkan beberapa kesenian tari dan juga baca puisi oleh para penampil.