Disdukcapil Surabaya Giatkan Pentingnya Pemutakhiran Data Kependudukan

Surabaya – Kecamatan Simokerto mengadakan sosialisasi mengenai pemutakhiran data kependudukan (14/10/2024) di Kaza City Mall. Disdukcapil Surabaya dan KUA juga turut hadir dalam sosialisasi kali ini sebagai narasumber. Kegiatan sosialisasi pemutakhiran data kependudukan disampaikan oleh Nurul Hidayah, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK). Acara ini dihadiri sekitar 283 warga dari Kader Surabaya Hebat (KSH) dan RT/RW di Kecamatan Simokerto. 

Disdukcapil Surabaya terus berupaya untuk melakukan pendataan jumlah penduduk warga Surabaya yang sesuai dengan realitas. Selain itu, Pemutakhiran data penduduk bisa menghemat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang ditujukan untuk individu yang beridentitas warga Surabaya. 

Tidak hanya itu, Pemutakhiran data penduduk memiliki pengaruh pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM berorientasi pada ukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup. Oleh karena itu, Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya pemutakhiran data kependudukan.

Dengan adanya sosialisasi pemutakhiran data kependudukan, warga dapat lebih sadar dokumen kependudukan. Harapannya, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga Surabaya.