Memasuki Awal Oktober, Jebol Anduk Goes to SMK PGRI 13 Surabaya

Surabaya – Pekan awal bulan Oktober, Disdukcapil Surabaya kembali menjangkau beberapa sekolah untuk melaksanakan kegiatan Jebol Anduk (Jemput Bola Pelayanan Adminduk). Program Jebol Anduk periode Bulan Oktober, diawali oleh SMK PGRI 13 Surabaya (04/10/2024). Seperti kegiatan sebelumnya, Jebol Anduk kembali memberikan pelayanan kepada siswa dan siswi untuk melakukan perekaman KTP-el bagi yang berusia 16 tahun keatas.

Kegiatan perekaman KTP-el ini, bertujuan untuk mempermudah siswa dan siswi agar saat berusia 17 tahun, mereka bisa langsung mengambil KTP di kelurahan tempat tinggal. Salah satu siswi SMK PGRI 13 Surabaya, Rahma, mengapresiasi adanya pelayanan perekaman KTP-el karena dapat membantu siswa dan siswi SMK untuk keperluan administrasi setelah lulus SMK. 

Rahma menyampaikan kesan pesannya saat mengikuti perekaman. “Awalnya deg-degan karena baru pertama kali daftar membuat E-KTP. Pesannya mungkin bisa membantu pelajar SMK yang setelah lulus mau masuk kerja,” Ucap Rahma.

Selain kegiatan perekaman KTP-el, terdapat kegiatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Para guru dan staff SMK PGRI 13 Surabaya juga antusias dalam melakukan aktivasi IKD. Salah satu pengajar, Ginanjar, dengan senang hati mendukung adanya kegiatan aktivasi IKD di sekolah. “Bagus sih, lebih praktis dan tidak perlu ke kelurahan atau kecamatan dulu,” Puji Ginanjar.

Ginanjar juga menyampaikan harapannya, agar setiap proses perubahan data, masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah. 

Kedua kegiatan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan di SMK PGRI 13 Surabaya, memberikan dampak bagi pelajar dan pengajar. Kegiatan ini diharapkan bisa terus berjalan secara konsisten dan merata di berbagai sekolah.