Kedatangan Kepala Disdukcapil Kota Malang di Swargaloka

Pada tanggal 4 September 2024, Swargaloka kedatangan tamu istimewa, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Malang, Ir. Dahliana Lusi Ratnasari, MM, atau akrab dipanggil Lusi. Dalam kesempatan ini, Lusi menjadi narasumber podcast SEDEP (Seputar Dialog Kependudukan), membahas berbagai inovasi layanan yang disediakan oleh Disdukcapil Kota Malang.

Lusi mengenalkan Kota Malang sebagai “TRIBINA CITA,” mencakup Kota Pelajar, Kota Industri, dan Kota Pariwisata. “Kota Malang ini selain menjadi kota kuliner, juga menjadi jujukan mahasiswa karena terkenal sebagai kota pendidikan,” jelas Lusi. Dia juga menguraikan berbagai program pelayanan seperti Andok Petis, Si Apel Tegas, Lapor Pak, PATAS, Pekat, dan Sidarmi, yang dirancang untuk mempermudah administrasi kependudukan.

Lusi menambahkan bahwa Disdukcapil juga menyediakan layanan Jemput Bola (Jembol), yang memungkinkan masyarakat mendapatkan layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor. Dia mengingatkan warga Kota Malang untuk mengurus dokumen administrasi sendiri dan tidak melalui biro jasa karena semua layanan tersebut gratis.