Surabaya Vaganza Semarakkan Hari Jadi Kota Pahlawan ke-731!

Surabaya – Minggu (26/5/2024), semarak Hari Jadi Kota Surabaya ke-731 kian terasa dengan kemeriahan Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya Surabaya Vaganza 2024.

Peserta Kebun Binatang Surabaya

Dengan mengusung tema “The Chronicle of Surabaya”, acara ini digelar mulai pukul 13.00 hingga 16.30 WIB dan menarik perhatian ribuan masyarakat yang antusias menyaksikan perjalanan pawai dari Tugu Pahlawan hingga Balai Kota Surabaya. Rute pawai melintasi Tugu Pahlawan, Jalan Pahlawan, Jalan Tunjungan, Jalan Pemuda, Jalan Jenderal Basuki Rachmat, dan berakhir di Balai Kota Surabaya. Pawai ini diikuti oleh puluhan institusi serta komunitas yang turut memeriahkan perayaan Hari Jadi Kota Surabaya.

Meskipun diterjang panas matahari, semangat warga Surabaya tak surut. Semaraknya kendaraan hias yang diiringi alunan musik dan pertunjukan budaya, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Pawai Sejarah Surabaya Memukau Penonton

Drumband Universitas Hang Tuah

Pawai Surabaya Vaganza 2024, menampilkan kisah perjalanan panjang Kota Pahlawan dari masa ke masa. Puluhan institusi dan komunitas berpartisipasi, memeriahkan acara dengan kreatifitas dan keunikan mereka.

Peserta Pawai Pelindo Regional 3 Surabaya

Pawai diawali dengan pertunjukan drumband Universitas Hang Tuah, kemudian dilanjutkan dengan penampilan sejarah Surabaya yang memukau. Era Surabaya Before Century and Urban Legend hingga era Surabaya Metropolitan dihidupkan kembali, membawa penonton menelusuri jejak sejarah kota tercinta.

Momen Spesial Bersama Cak Eri dan Bu Rini

Cak Eri dan Ning Rini Menyapa Warga Surabaya

Pawai Budaya, Simbol Keberagaman dan Toleransi Surabaya

Peserta Pawai Komunitas Tionghoa Surabaya

Pawai budaya menjadi akhir acara pawai ini, dengan menampilkan kekayaan budaya dan komunitas yang dimiliki Kota Pahlawan. Beragam suku, ras, dan budaya mewarnai jalanan Surabaya, menunjukkan toleransi dan semangat persatuan yang tinggi di antara masyarakat.

Surabaya Vaganza 2024 menjadi simbol kebanggaan dan identitas Kota Surabaya. Perayaan Hari Jadi Kota Pahlawan ini tak hanya semarak, tetapi juga menjadi pengingat akan sejarah panjang dan nilai-nilai luhur yang dipegang teguh oleh masyarakatnya.