Podcast SEDEP: Mengenal Inovasi Layanan Adminduk di Kota Pasuruan

Surabaya – Hari ini (08/10/2024), Swargaloka kedatangan tamu istimewa dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan, yakni Siti Mariyam, hadir sebagai narasumber podcast SEDEP (Seputar Dialog Kependudukan) yang membahas mengenai persiapan Disdukcapil Kota Pasuruan dalam menyambut Pilkada 2024 dan berbagai inovasi layanan administrasi kependudukan yang dimiliki oleh Disdukcapil Pasuruan.

Diawal perbincangan, Siti Mariyam, mengenalkan Kota Pasuruan yang dikenal oleh masyarakat sebagai kota Madinah yang merupakan singkatan dari “Maju Ekonominya, Indah Kotanya dan Harmoni Warganya. Kota yang dijuluki sebagai Madina Van Java ini, memiliki luas 36,58 KM2 yang terdiri dari 4 kecamatan dan 34 kelurahan. Kota ini memiliki penduduk sebanyak 213.198 jiwa.

Dengan adanya total jumlah penduduk yang semakin meningkat, Disdukcapil Kota Pasuruan terus berupaya memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara optimal. Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu dengan menciptakan berbagai inovasi layanan administrasi kependudukan yang dapat membantu masyarakat Pasuruan dalam mengurus dokumen kependudukan secara efektif dan efisien. 

Siti Mariyam, juga turut mengenalkan inovasi layanan administrasi kependudukan yang telah berjalan secara aktif di Kota Pasuruan, diantaranya: Peterpan, Pasti Daku Kawin, Pesta Terahir, Peti Kemas, Lentera Makam, dan Lentera Bumi. Selain itu, Disdukcapil Pasuruan juga memiliki program layanan jemput bola ke sekolah, perangkat daerah dan lembaga yang memberikan kemudahan masyarakat untuk memiliki IKD dan KTP-el.

Siti Mariyam juga menjelaskan tingkat efektivitas yang diperoleh dari adanya inovasi layanan administrasi kependudukan Kota Pasuruan. “Disdukcapil Pasuruan ini, memang memiliki target kinerja yang harus diselesaikan. Ternyata, tanpa inovasi pun, cakupan kita rendah,” jelas  Siti Mariyam. Hadirnya inovasi layanan, dianggap sebagai pendorong masyarakat agar dapat memiliki dokumen administrasi kependudukan secara akurat.