Implementasi Program Siaran Sebagai Media Komunikasi dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya

Studi Kasus: Sebagai Broadcasting Crew Divisi Branding Development

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya terus berinovasi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Salah satu upaya terbaru adalah implementasi program siaran yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan informasi publik. Program ini tidak hanya fokus pada penyebaran informasi penting terkait layanan kependudukan, tetapi juga membangun citra positif instansi melalui Swargaloka.

Swargaloka merupakan akronim dari Suara Warga Mengelola Kebutuhan Adminduk. Media informasi ini ditujukan untuk warga Surabaya dalam memperoleh informasi pengurusan dokumen kependudukan. Swargaloka merupakan media publikasi yang menyalurkan informasi seputar pelayanan Adminduk di kota Surabaya yang dapat diakses melalui berbagai media sosial seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok yang dikemas dengan semenarik dan seefektif mungkin oleh tim branding development.

Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MSIB) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang beragam bagi mahasiswa melalui kegiatan magang, penelitian, atau proyek sosial. Salah satu program yang diikuti oleh mahasiswa adalah magang di Swargaloka, sebuah media informasi milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya.

Muhammad Ivan Arya Wibowo, mahasiswa semester 6 Prodi Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sebagai mahasiswa magang MSIB Batch 6 Broadcasting Crew yang bertanggung jawab terhadap salah satu program yang ada di Swargaloka yaitu RABI PINDO (Rangkuman Berita Seputar Indonesia).

Proses Produksi Program RABI PINDO Swargaloka Surabaya

Program RABI PINDO (Rangkuman Berita Seputar Indonesia) adalah sebuah media siaran yang bertujuan untuk menyajikan informasi terkini mengenai berbagai peristiwa dengan topik hangat yang sedang dibicarakan di Indonesia. Melalui siaran video rutin, RABI PINDO menghadirkan rangkuman TOP 5 berita nasional maupun seputar administrasi kependudukan dalam seminggu terakhir.

Tampilan Program RABI PINDO (Source: youtube.com)

Dengan adanya program RABI PINDO, Dispendukcapil Surabaya melalui Swargaloka bisa memberikan informasi terkait berita administrasi kependudukan maupun berita nasional yang dikhususkan untuk masyarakat kota Surabaya dengan mudah melalui aplikasi Youtube milik Swargaloka.sby.